Skip to Content

Download Soal CPNS 2017-2018 dan Kunci Jawaban CAT dan PDF Lengkap

Download Soal CPNS 2017-2018 dan Kunci Jawaban CAT dan PDF Lengkap

Be First!
by September 16, 2017 Soal CPNS

Download Soal CPNS 2017-2018 dan Kunci Jawaban CAT dan PDF Lengkap | yoncare.com| Kunci dari kelulusan tes CPNS adalah keberhasilan dari menjawab soal-soal tes CAT CPNS yang diujikan, dan dari soal yang berjumlah 100 butir tersebut semuanya dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban.

Sejak diumumkannya penerimaan CPNS beberapa waktu lalu tentu sebagian calon peserta sudah mulai mempersiapkan diri menjelang tes seleksi CPNS, terlebih ada juga yang mencari soal CPNS 2017-2018 dan Kunci Jawaban, untuk itu disini kami akan berbagi tentang keduanya baik soal tes maupun kunci jawaban untuk sobat yang memang memerlukannya.

Semakin ketatnya seleksi CPNS membuat peluang semakin kecil namun pada prinsipnya kelulusan tes CPNS didasarkan pada 3 kategori kelulusan sola tes yang diujikan, misal dari 100 soal ternyata didalamnya terdapat 3 jenis atau kategori soal yang sebenarnya merupakan gabungan dari soal integensi umum, soal wawasan kebangsaan dan soal karakteristik pribadi.

Sedangkan untuk jenis tes terbagi menjadi 2 yakni kita harus lulusa soal kompetensi dasar (SKD) baru nanti akan ada soal kemampuan bidang (SKB), setiap soal memiliki 4 pilihan jawaban yakni A, B, C, dan D.

Artinya setiap soal memiliki peluang sebanyak 1/4 atau 25% kemungkinan memilih jawaban yang tepat, bila dilihat memang rasanya cukup sederhana dan berikut lebih lanjut bahasan mengenai soal tes CPNS tahun 2017 maupun CPNS 2018 yang akan datang.

Dari pengalaman yang sudah-sudah ada beberapa poin penting yang wajib diketahui oleh peserta agar impian lulus tes CPNS tahun ini benar-benar terwujud.

Pertama yakni passing grade atau ambang batas nilai, apa itu passing grade? dan berapa passing grade yang ditetapkan pada tes CPNS 2017/2018? jawabannya sudah pernah ditulis, silahkan cek artikel kami sebelumnya di Passing grade CPNS 2017/2018.

Baca juga  Contoh Soal CAT CPNS Kemenkumham 2017 Formasi SLTA SMA D3 dan S1 terbaru

Baiklah mengenai passing grade soal tes CPNS rasanya tak perlu diperpanjang lagi selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah komponen soal tes ujian CPNS karena banyak anggapan yang kurang tepat mengenai soal tes dapat menyebabkan peserta gagal lulus sebenarnya ini ada kaitannya dengan passing grade yang telah dibahas sebelumnya.

Ada kaitan dengan passing grade karena dalam komponen soal tes ujian yang akan dikerjakan masing-masing harus memenuhi ambang batas nilai yang telah ditentukan, ya seperti pada pelaksanaan tes CPNS tahun sebelumnya soal ujian mempunyai total 100 butir soal yang masing-masing terdiri dari 3 komponen soal CPNS.

Komponen Soal Kompetensi Dasar (SKD)

Komponen soal yang dimaksud adalah :

  1. Soal Wawasan Kebangsaan
  2. Soal Pengetahuan Umum
  3. Soal Karakteristik Pribadi

Mungkin sebelumnya sudah pernah dengar tentang ketiga komponen diatas yang intinya dari masing-masing jenis soal memiliki nilai minimal atau nilai standar yang harus dicapai artinya wajib paham ketiga jenis soal itu.

Jika salah satu saja dari 3 komponen tidak mencapai nilai minimal (passing grade) maka dinyatakan tidak lulus, ini tentu hal yang serius terutama bagi yang memang ingin lulus dalam tes seleksi CPNS yang diikuti kali ini.

Salah satu pengalaman yang telah lulus pada tes sebelumnya adalah dengan persiapan yang matang artinya kita harus mempelajari dengan sungguh-sungguh semua soal agar hasilnya dapat maksimal dan semakin mendekatkan diri terhadap impian menjadi PNS di tahun ini.

Ya persiapan, semakin matang persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari maka semakin paham atas soal-soal tes CPNS dan juga polanya karena setiap tahun tes CPNS tak banyak berubah bahkan sejak 10 tahun yang lalu, kini tinggal banyak latihan bisa menggunakan contoh-contoh soal tes CPNS yang diujikan pada tahun-tahun yang telah lalu.

Baca juga  Contoh Soal CAT CPNS Kemenkumham 2017 Formasi SLTA SMA D3 dan S1 terbaru

Contoh soal CPNS PDF wawasan kebangsaan => next

 

Previous
Next

Tinggalkan Balasan