Skip to Content

Bahayanya dampak orang tua pilih kasih kepada anaknya

Bahayanya dampak orang tua pilih kasih kepada anaknya

Be First!
by Agustus 18, 2017 Kata bijak

Kata bijak|Kali ini membahas dampak Bagi orang tua, salah satu masalah yang sering dihadapi adalah bagaimana supaya mereka tidak terlihat lebih sayang pada salah satu anak (alias pilih kasih).

Banyak cara yang ditempuh oleh para orangtua, misalnya dengan memberikan anak barang yang serupa, sehingga dapat meredam perasaan negatif di dalam diri anak-anak.

Ayah dan Ibu dituntut untuk mampu mengatur dan membagi kasih sayangnya sesama rata mungkin kepada seluruh anaknya…

…akan tetapi apa yang terjadi saat ini, banyak orang tua yang ‘secara sengaja dan terang terangan’ justru pilih kasih terhadap anaknya.
Bahaya Akibat Orang Tua Pilih Kasih Pada Anak
Akibat orang tua pilih kasih pada anak
Apabila orang tua merasa bahwa salah satu anaknya lebih ‘wow’ atau lebih dapat dibanggakan, entah itu anak lebih pintar, lebih cantik / tampan, atau kelebihan lainnya.

Dimana, biasanya anak yang memiliki banyak kelebihan akan lebih dimanja, akhirnya orang tua pilih kasih terhadap anaknya.

Jika orang tua sudah pilih kasih terhadap anaknya, mengakibatkan anak yang tidak merasa disayang cenderung memiliki kebiasaaan buruk, atau hal lainnya yang dapat membahayakan keselamatan anak dan juga keluarga itu sendiri

Menghancurkan semangat anak yang merasa kurang disayang
Anak yang lebih pintar “beresiko” terlalu dimanjakan oleh orang tuanya. Sebenarnya memanjakan anak secukupnya tidak terlalu masalah, apalagi jika sangat anak lebih pintar dan memiliki banyak prestasi…
akan tetapi yang menjadi masalah jika rasa kecenderungan sayang pada salah satu anak saja tersebut sudah melewati batas…
contohnya orang tua bersikap kurang baik pada anak yang tidak berprestasi di sekolah, berupa anak yang tidak memiliki prestasi ini diejek terus, terus terusan dibilang: “kamu itu makannya belajar yang rajin, lihat tuh saudara kamu bisa pergi kesana-kesini karena prestasinya. Makannya jadi orang itu yang pintar jangan bodoh”.

Baca juga  Hubungan kakak dan adik yang sebenarnya

Mungkin saja kata-kata seperti itu bisa menjadi bentuk motivasi, akan tetapi bisa juga justru menghancurkan sehancur-hancurnya semangat anak.

Untuk itu, hendaknya orang tua mencari cara yang ‘baik’ dalam memotivasi anak, bukannya justru menghancurkan semangat anak…
selain itu juga berdampak negatif berupa menanamkan rasa dengki dan kebencian di dalam diri anak pada saudaranya sendiri.
Memberikan kasih sayang yang berbeda pada anak juga membuat pertumbuhan psikis atau perkembangan kejiwaan anak yang mrasa kurang diperhatikan menjadi bermasalah, hal ini sebenarnya juga bisa berdampak pada anak yang terlalu disayang…
karena efek konflik yang terjadi atas permusuhan saudaranya sendiri yang merasa kurang disayang orang tuanya, sehingga timbul ketidakseimbangan di dalam keluarga.
Jangan mengira anak-anak tidak akan tahu tentang perbedaan yang diberikan, walaupun saat itu mereka masih dianggap kecil, tetapi anak kecil sudah memiliki kemampuan menangkap perasaan.

Kondisi pilih kasih orang tua ini memberikan dampak buruk bagi semua anak-anaknya, baik itu anak yang terlalu disayang maupun yang kurang disayang…
karena kondisi keluarga yang tidak seimbang berupa saudara membenci saudara lainnya, membuat hubungan menjadi tak harmonis.
Inilah yang menjadi siksaan, yang sering terjadi di dalam sebuah keluarga.

Anak-anak yang merasa tidak disukai orang tuanya mengalami beberapa hal buruk berupa depresi, agresivitas yang berlebihan, merasa rendah harga diri, dan prestasi sekolahnya yang cenderung tidak maksimal.
Semoga bermanfaat

Sumber: http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2016/10/bahaya-akibat-orang-tua-pilih-kasih-pada-anak.html?m=1

Baca Lainya

Baca juga  Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berubah menjadi lebih baik
Previous
Next

Tinggalkan Balasan