Skip to Content

Tanggung jawab orang tua tidaklah hanya cukup membiaya pendidikan anaknya setinggi mungkin

Tanggung jawab orang tua tidaklah hanya cukup membiaya pendidikan anaknya setinggi mungkin

Be First!
by Oktober 24, 2017 Kata bijak

Yoncare.com | Tanggung jawab orang tua tidaklah hanya cukup membiaya pendidikan anaknya setinggi mungkin,Banyak orang tua sekarang yang mempunyai pemikiran yang simpel dan tidaklah ribet untuk pendidikan anaknya mungkin karena sibuk dengan urusan pekerjaan.yang penting saya sanggup membiayai dan saya sudah bertanggung jawab atas pendidikan anak saya, Pendidikan memang penting dan harus diutamakan,Orang tua Banyak yang beranggapan dan menaruh harapan besar anaknya nanti setelah selesai pendidikan anaknya pintar dan mempunyai ilmu yang bermanfaat untuk bekal hidupnya nanti.
Sebagai orang tua kita tidak boleh menaruh kepercayaan 100% terhadap dunia pendidikan di sekolah karena kita sebagai orang tua tidak bisa mengontrol secara penuh saat jam pelajaran atau waktu aktif sekolah apakah benar benar mengikuti pelajaran dengan baik atau tidak atu benar benar berangkat sekolah atau bolos sekolah kita sebagai orang tua harus jeli dan harus aktif tau kemana arah anak kita berangkat sekolah.
Jangan sampai kita terlalu percaya takutnya si anak mempelajari karakter kita sebagi orang tua dan kepercayaan kita sebagai orang tua disalah gunakan untuk kepentingan yang tidak bermanfaat atau kriminal yang bisa menghancurkan masa depan si anak tersebut.
Selain itu kita sebagai orang tua juga wajib memberi pendidikan moral maupun motivasi hidup agar kelak dewasa menjadi orang yang bermanfaat dan jauh lebih baik dari nasib orang tuanya sekarang dan memberi pengarahan mana yang baik yang harus di kerjakan diutamakan dan mana yang buruk mana yang harus dijauhi dan dilarang.
Pengarahan seperti ini sangatlah penting memang kelihatan sepele tapi mempunyai manfaat bagi perkembangan mental si anak akan terarah dan semakin yakin dan percaya diri.
Kita tidak boleh beranggapan terhadap anak 100% tanpa dikasih tau tanpa memberi arahan dan motivasi kepada anak seolah anak sudah tau dan pintar.
Memang saya jamin si anak juga sudah pintar dan tau mana yang salah dan mana yang benar,mana yang baik mana dan mana yang buruk,mana yang haram dan mana yang halal.Saya yakin anak anak sekarang sudah pintar dan tau.
Misal tanyakan kepada anak
OT= Nak kamu tau gak kalo mencuri itu dosa dan dilarang..?
A= Tau pak (itu jawaban pasti)
OT= Nak kamu tau gak kalo mabok mabokan itu dosa haram..?
A=Tau pak..?(itu jawaban pasti)
OT= Nak kamu tau gak berzinah itu dosa..?
A=Tau pak itu dosa.

Baca juga  Bahayanya dampak orang tua pilih kasih kepada anaknya

Itu semua jawaban pasti 100% benar…!!!
Nah contoh pertanyaan di atas mungkin semua anak anak yang sudah dewasa pasti semua tau jawabanya karena anak anak kita sudah pintar dididik selama di sekolahan maupun di pesantren.

Tapi kita tidak boleh meremehkan karena kita sebagai orang tua merasa anaknya sudah tau dan pintar mana yang baik dan mana yang buruk,yang halal dan haram terus kita diam saja…!!

Menurut saya kita salah,dan kita harus dan terus memberi bimbingan moral,mental,pengarahan dan motivasi itu sangat penting dan sangat penting walaupun disekolah maupun di pesantren semua sudah di ajarkan.

Orang tua berkata kepada anaknya itu bisa dijadikan jimat kekuatan yang luar biasa yang ada dalam tubuh si anak bisa menjadi sebuah ilmu yang sangat luar biasa.bila si orang tua bisa memberi pengarahan,motivasi,bimbingan moral dan mental dan dapat diterima dan diresapi dalam hati anak.

Dan kita pastinya sebagi orang tua pasti semua mendoakaan anaknya yang terbaik dan selalu berdoa dengan ketulusan dan keihklasan untuk anaknya,
Maka dari itu sering seringlah kita komunikasi walau hanya sebatas ngobrol santai sambil bercanda dan diselingi pendidikan moral mental motivasi dan pengarahan agar mudah diterima dengan baik kepada si anak.

Insaalloh jauh lebih mudah diterima dan diterapkan dalam hidupnya.
Semoga bermanfaat

 

Baca Lainya

Baca juga  Apa yang sebenarnya anda cari dalam bekerja..?
Previous
Next

Tinggalkan Balasan