Skip to Content

Tidak bisa memberi,setidaknya jangan meminta

Tidak bisa memberi,setidaknya jangan meminta

Be First!
by Agustus 6, 2017 Kata bijak
Yoncare.com| Tidak bisa memberi,setidaknya jangan meminta,Ketika kita tidak bisa memberi sesuatu kepada orang lain. Tidak mampu membantu dan menolong. Janganlah meminta kepadanya kecuali dalam keadaan terpaksa dan sangat butuh. Terkadang, ada orang yang tidak punya apa-apa, tidak bisa memberi kepada orang lain. Namun ia selalu memanfaatkan keberadaan temannya.
Padahal, ia mampu untuk mencukupi dirinya, memenuhi kebutuhannya, membangun hidup yang mandiri. Dengan tenaga yang masih kuat, ia bisa berbuat untuk kesejahteraan hidupnya. Namun, dengan sifat malas. Ia hanya menunggu rezeki seakan langsung datang dari langit.
Demikiam juga, tidak bisa membahagiakan setidaknya jangan menyakiti, tidak bisa jujur setidaknya jangan mendustai, tidak bisa membantu setidaknya jangan menyusahkan. Karena kebahagiaan ada ketika kita tidak ikut campur urusan orang lain yang tidak ada hubungannya dengan kita. Tidak mengurus yang bukan urusan kita. Kerjakan tugas kita masing-masing, jangan menjadi benalu bagi sesama.
Jikalau ada orang yang memberi. Ucapkanlah terima kasih kepadanya. Kalau perlu, balaslah dengan yang lebih baik.
Barangsiapa yang diberikan suatu kebaikan, kemudian ia berkata kepada yang memberi “jazakallah khairan” (Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), sungguh ia telah bersungguh-sungguh dalam berterimakasih.” ( Hadits Riwayat At-Tirmidzi dalam Al-Bir was Shilah (2035) dan Ath-Thabrani dalam Ash Shaghir (148/2)
Semoga bermanfaat

Baca Lainya

Baca juga  Ketika orang tua takut terhadap anaknya
Previous
Next

Tinggalkan Balasan