Skip to Content

Kenali gejala sebelum memvonis ECU mobil rusak

Kenali gejala sebelum memvonis ECU mobil rusak

Be First!
by September 22, 2017 Otomotif

Kenali gejala sebelum memvonis ECU mobil rusak|Yoncare.com,adalah Bagian utama dari sebuah sistem injeksi elektronik (EFI) adalah Unit Kontrol Mesin , yang akan memonitor kegiatan mesin melalui berbagai sensor.

Sensor-sensor ini akan dipergunakan oleh ECU/KOMPUTER mobil untuk menghitung berapa jumlah bahan bakar yang diinjeksikan dan mengontrol mesin dengan cara memanipulasi jumlah air dan udara yang masuk. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan tergantung dari beberapa faktor seperti suhu mesin, kecepatan rotasi mesin, dan komposisi gas buang. Injektor bahan bakar ini biasanya tertutup, dan terbuka untuk menginjeksikan bahan bakar ketika ada listrik yang mengalir di gulungan solenoid.

Komputer/ECU adalah sebuah singkatan untuk Electronic Control Unit atau Unit kontrol elektronik yang berfungsi untuk melakukan optimasi kerjanya mesin , kadang-kadang juga disebut sebagai Unit kontrol mesin.

ECU membaca beberapa sensor untuk mengatur diantaranya:
– Kontrol injeksi bahan bakar yang berfungsi untuk mengendalikan penggunaan bahan bakar yang akan diinjeksikan serta besarnya udara kedalam ruang bakar sehingga penggunaan bahan bakar kendaraan paling efisien,
– Kontrol kapan waktu pengapian berfungsi mengendalikan kapan waktu/timing pengapian yang pas dan disesuaikan dengan kecepatan dan medan yang dilalui.
– Kontrol waktu katup
yang berfungsi untuk mengatur waktu /timing yang paling tepat untuk membuka dan menutup katup pemasukan dan pembuangan.

Dalam mendiagnosa kerusaksakan ECU yang rusak atau tidak adalah bukan hal yang mudah dan gampang, biasanya para mekanik akan mengecek dulu seluruh sistem pengapian mobil dari mulai yang paling ringan ( Busi, Kabel busi, Rotor, Cap Delco, Coil, CDI, Delco, Sensor Sensor Elektrik Mobil dll ) dan berujung di komputer mobil.

Untuk memvonis apakah benar-benar ECU/Komputer mobil yang menjadi biang penyebab mobil sama sekali tidak bisa hidup, seorang montir/mekanik harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas dan komprehensif tentang seluk beluk mesin mobil dan sistem pengapian mobil.
Semoga bermanfaat dan tetap utamakan keselamatan dalam berkendara

Baca juga  Tune up mesin mobil karburator SOHC
Previous
Next

Tinggalkan Balasan