Skip to Content

Perbedaan Honda brio dan Honda Brio Satya

Perbedaan Honda brio dan Honda Brio Satya

Be First!
by September 23, 2017 Otomotif

Perbedaan Honda brio dan Honda Brio Satya|Yoncare.com.

Honda Brio adalah salah satu mobil city car dari pabrikan otomotif indonesia yang begitu familiar yaitu PT.Honda Prospect Motor yang mempunyai fitur yang canggih dan tetap mengutamakan keselamatan pengemudi
Meskipun harga di pasaran sekitar 150-175 juta Rupiah, tapi kualitas dan fitur pada mobil ini mulai dari sistem pengereman, sistem safety, tenaga mesin, dan lainnya sekelas dengan mobil hatcback yang berharga 200 Juta Rupiah.
Honda Brio termasuk dalam jenis mobil yang mengusung program LCGC, yaitu mobil murah yang ramah lingkungan. Honda Brio mempunyai 2 pilhan yaitu Honda Brio (non LCGC) dan Honda Brio Satya. Lalu apa saja perbedaan mobil Brio dan Honda Brio s Satya? Berikut ini penjelasannya:

1. Eksterior

Sekilas mobil honda brio dengan honda satya tidak begitu nampak dari body,tapi dilihat dari eksteriornya akan kelihatan misal diantarany:

1. Velg
pada bagian velg mobil dapat dilihat pada mobil Honda Brio menggunakan velg jenis Aloy whell atu bahan alumunium. Sedangkan pada Brio Satya masih menggunakan velg jenis besi atau orang bilang velg kaleng.perbedaan pada velg sepintas hanya mengarah pada tampilan tapi juga dari segi material untuk aloy whell juga bahan lebih ringan dan kuat dibanding honda satya yang masih menggunakan velg kaleng atau velg besi.

Bagian fog lamp juga berbeda, fitur fog lamp hanya terdapat pada mobil brio untuk grade tertinggi (E A/T). Sedangkan untuk Brio Satya belum dilengkapi dengan fog lamp.

2. Bobot Mobil

Perbedaan lainnya terdapat pada bobot kedua mobil ini. Untuk mobil Brio memiliki bobot mobil yang lebih berat 35 kilogram dibandingkan dengan Brio Satya. Jika dilihat dari sisi kemampuan maka semakin ringan bobot mobil akan membuat akselerasinya semakin cepat. Namun bisa jadi selisih dari bobot mobil tersebut dikarenakan berat ornamen yang mana tidak ditanamkan di dalam varian Mobil Brio Satya.

Baca juga  Mengatasi mobil Timor boros bahan bakar

3. Interior

Untuk interior juga sangat jelas terlihat perbedaanya, hal ini dapat dilihat dari sistem audio yang digunakan. Pada mobil Brio, sudah menggunakan sistem audio double din yang mana dapat dikoneksikan dengan smartphone (via Bluetooth). Sedangkan pada Brio Satya hanya menggunakan sistem audio Single Din yang mana tidak dilengkapi dengan konektivitas bluetooth.

Perbedaan lain juga terletak pada fitur safety yang ada pada pintu mobil. DImana Honda Brio sudah dilengkapi dengan teknologi Auto Door Lock By Speed yang mana pintu dapat mengunci otomatis pada kecepatan tertentu. Namun sayangnya fitur ini tidak anda temukan di Honda Satya.

4. Fitur Kemudi

Meskipun keduanya sudah menggunakan sistem kemudi EPS, namun ada fitur kemudi yang berbeda satu sama lainnya yaitu pada fitur Tilt Steering. Fitur ini akan bermanfaat saat anda sedang mengemudikan jarak jauh sehingga dapat menghindari pengemudi merasa lelah dikarenakan ketinggian setir yang dapat diatur (direndahkan atau ditinggikan) agar bisa mencari posisi yang paling nyaman. fitur ini hanya terdapat pada mobil Brio (E A/T) saja dan tidak terdapat pada Brio Satya.

5. Warna Jok Mobil

Hal lainnya di dalam interior color kedua mobil ini yang menjadi perbedaan Honda Brio dan Brio Satya adalah warna jok mobil ini. Ketika anda masuk ke dalam kabin mobil, anda bisa merasakan sensasi mewah yang terlihat lebih dari Honda Brio dengan penggunaan jok berwarna hitam. Sedangkan pada Brio Satya menggunakan jok berwarna Ivory.

6. Sistem Pengereman

Perbedaan lainnya terletak pada sistem pengereman kedua mobil ini. JIka pada mobil Brio, menggunakan teknologi ABS + EBD pada sistem pengeremannya. Yang mana sistem pengereman ini anti selip, sehingga meskipun anda menginjak rem secara riba-tiba maka mobil tidak akan kehilangan cengkramannya ketika di jalan (kepeleset) sehingga menjamin keamanan saat berkendara. Sayangnya fitur pengereman ini tidak dapat anda temukan pada Mobil Brio Satya.

Baca juga  Tips mengatasi roda mobil kempes karena pelek keropos atau tidak rata

7. Sistem Transmisi

Sistem transmisi yang digunakan pada kedua mobil ini berbeda satu sama lainnya. Padqa mobil Brio sudah menggunakan sistem transmisi matik sedangkan pada mobil Brio Satya menggunakan sistem transmisi manual. Dengan sistem transmisi manual ini maka Brio Satya memang lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar karena memang tujuan awal produksi mobil ini adalah sebagai mobil ramah lingkungan. Sedangkan untuk mobil Brio memiliki spesifikasi mesi 1300 cc dan Brio Satya memiliki mesin berkapasitas 1200 cc.

8. Radiator Fan

Pada mobil Honda Brio sudah menggunakan 2 kipas radiator, sedangkan untuk Brio Satya hanya menggunakan satu kipas radiator saja. Yang mana kipas radiator ini berguna untuk menghisap udara yang berasal dari luar mobil. Selain itu, ukuran radiator dan kondesor pada mobil Brio lebih besar jika dibandingkan dengan Brio Satya.

9. Spion Mobil

Perbedaan lainnya adalah pada spion mobil dari kedua mobil ini. Pada mobil Brio Satya memiliki desain spion yang telanjang tanpa dilengkapi dengan cover yang menutupi bagian spion dan tidak dilengkapi lampu sein juga tidak terdapat retrect. Sedangkan pada Mobil Brio, spion mobil nya sudah dilengkapi dengan cover penutup dan terdapat lampu sein juga terdapat retrect.

10. Penggunaan Lampu Utama

Lampu utama (head lamp) menjadi komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Dengan adanya lampu utama akan membuat berkendara semakin nyaman dan aman saat malam hari. Kedua jenis mobil ini menggunakan jenis headlamp yang berbeda. Pada mobil Brio (tipe RS) sudah menggunakan lampu model projector yang dilengkapi LED Light Guide. Sedangkan mobil Brio Satya menggunakan lampu utama dengan modal halogen standar.

Baca juga  Tips membeli mobil timor DOHC injection dan SOHC karburator

11. Rear Wiper

Fitur lainnya yang berbeda adalah pada Rear Wiper. Rear Wiper adalah komponen yang sangat penting di dalam sebuah kendaraan saat hujan, fungsi komponen ini adalah untuk visibilitas mobil ke belakang ketika berkendara di saat hujan turun. Hanya saja sayangnya fitur ini hanya terdapat pada mobil Honda Brio, sedangkan pada Brio Satya tidak terdapat fitur rear wiper.
Next

Previous
Next

Tinggalkan Balasan