Skip to Content

Sensor mobil timor DOHC dan SOHC yang perlu di perhatikan dan kerusakanya

Sensor mobil timor DOHC dan SOHC yang perlu di perhatikan dan kerusakanya

Be First!
by September 21, 2017 Otomotif
Sensor mobil timor DOHC dan SOHC yang perlu di perhatikan|Yoncare.com
¬†Jarang kita perhatikan dan seolah ga ada pernah ada kerusakan karena part ini bersifat electrical,mobil timor khususnya DOHC terutama yang belum pernah di ganti alias peremajaan biasanya mobil sangat ga nyaman walaupun sensor tersebut belum 100% rusak tapi gejalanya sangatlah terasa dan ga nyaman.misalnya sensor ISC masih bisa hidup belum rusak ga fungsi tapi sensor ini sangat mengganggu dan menjengkelkan karena RPM naik turun dan biasanya kalo AC dihidupkan RPM drop turun bahkan sampe mesin mobil mati,sangat ga nyaman kan…?misal kalo sensor TPS ga bener mobil berjalan bisa pontang panting kaya naik kuda.
Ayo kita benahi sebelum part tersebut benar benar rusak dan gak fungsi,sayangi keluarga kita saat perjalanan dan keselamatan dan kenyamanan berkendara adalah no 1,buktikan mobil timor itu tidak mogokan dan bandel
Langsung aja ke TKP
1.SENSOR TPS ( THROTTLE POSITION SENSOR )
Throttle Position Sensor atau biasa juga di sebut Sensor TPS Berfungsi untuk menyetel/mengatur tinggi rendahnya RPM mobil, baik dalam keadaan stasioner hidup tanpa AC mobil ( AC mobil mati/OFF ) maupun stasioner dengan AC mobil hidup/menyala/ON.
Tanda tanda/Gejala sensor TPS ( Throttle Position Sensor ) rusak/bermasalah/tidak berfungsi adalah pengaturan/penyetelan tinggi rendahnya RPM mobil sudah tidak bisa di atur/di setel. RPM mobil bisa langsung tinggi terus atau RPM mobil bisa terlalu rendah terus karena sensor TPS sudah rusak/bermasalah/ tidak berfungsi
Akibat Sensor TPS rusak bermasalah atau tidak berfungsi adalah :
– RPM mobil tinggi sehingga bensin/BBM menjadi boros
– RPM mobil rendah/kerendahan sehingga mesin mobil sering mati ( mendadak )

HARGA Sensor TPS mobil TIMOR berkisar antara Rp. 200rb an sampai Rp. 300rb an

2.ISC ( IDLE SPEED CONTROL )


– Sensor ISC ( IDLE SPEED CONTROL ) atau biasa juga di sebut AKTUATOR/SERVO
– Sensor ISC ( IDLE SPEED CONTROL )/AKTUATOR/SERVO berfungsi untuk menjaga kestabilan RPM mesin mobil pada angka RMP yang kita kehendaki.
– Akibat ISC ( IDLE SPEED CONTROL )/AKTUATOR/SERVO rusak atau tidak berfungsi adalah RPM naik turun naik/RPM ngayun/Mesin mobil seperti mau mati.
– Harga dan merk/merek ISC ( IDLE SPEED CONTROL )/AKTUATOR/SERVO sekitar Rp.900.000,-

Baca juga  Mengatasi bunyi mesin tek tek pada mobil timor
3.SENSOR MAP/MAP SENSOR
( Manifold Absolute Pressure )

– Sensor MAP / MAP sensor ( Manifold Absolute Pressure ) berfungsi untuk mengatur tingkat pencampuran bahan bakar dengan udara (O2 ) sehingga di dapat ukuran yang optimal dan bahan bakar kendaraan menjadi irit/tidak boros.
– Akibat sensor MAP/MAP sensor ( Manifold Absolute Pressure ) rusak atau tidak berfungsi adalah konsumsi/penggunaan bahan bakar mobil/kendaraan menjadi sangat boros
– Harga dan Merk/Merek sensor MAP/MAP sensor sekitar Rp.250.000,-
4.SENSOR SPEEDOMETER/SPEED SENSOR/SWITCH SPEED SENSOR


– Sensor Speedometer/Speedo berfungsi untuk mengukur jarak tempuh km kendaraan.
– Sensor Speedometer/Sensor speedo di pakai juga pada MOBIL TIMOR SOHC/KARBURATOR

Semoga bermanfaat
Previous
Next

Tinggalkan Balasan