Skip to Content

Tips agar lolos test interview dalam melamar pekerjaan

Tips agar lolos test interview dalam melamar pekerjaan

Be First!
by Oktober 26, 2017 Pekerjaan, Tips

Yoncare.com | Interview adalah bagian dari beberapa test melamar pekerjaan,pertanyaan interview dalam melamar pekerjaan ini gampang gampang susah,memang sepintas pertanyaan sangat simpel dan sepele tapi kalo kita tidak tepat dalam menjawab maka kita tidak menutup kemungkinan akan tidak lolos dalam tahap seleksi ini.

Contoh pertanyaan wawancara sangat penting sekali diketahui buat anda yang belum diterima bekerja di perusahaan mana pun atau mungkin yang sudah bekerja dan mau mencoba kesempatan di perusahaan lain sehingga nantinya ketika anda interview sudah ada panduan jawaban yang tepat.

Perlu disampaikan bahwa cara mudah untuk lulus interview kerja dan beberapa tips yang akan kami sajikan ini merupakan hasil dari pengalaman kami menjalani tes interview kerja di beberapa perusahaan besar, sehingga jawaban dari pertanyaan nanti bisa anda kreasikan agar lebih maksimal.

Tips Interview Kerja

1. Perlihatkan Jika Anda Memiliki Percaya Diri yang Tinggi

Di era modern saat ini kemampuan yang paling diutamakan oleh perusahaan terutama yang nantinya akan bersinggungan dengan banyak orang, contohnya: marketing, teller, costumer service, public relation, administrasi dan sebagainya. Jika satu modal ini tidak dimiliki maka besar kemungkinan bahwa anda akan sangat sulit untuk lulus pada tahap tes berikutnya. Percaya diri di sini bukan berdasarkan pada cara kita berkomunikasi saja akan tetapi percaya diri bagaimana kita mampu menyelesaikan tugas yang di berikan dan dikerjakan secara baik dan benar.

2. Jangan Pernah Memberi Jawaban “Tidak!”

Sering kali pada saat mengikuti tes interview maka penguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang anda miliki, contohnya saja ketika ditanya, Apakah anda bisa komputer? atau mungkin, Bisa menggunakan program komputer seperti Photoshop, Powerpoint dan sebagainya? jika anda mendapatkan pertanyaan ini saran saya anda jangan pernah menjawab tidak, karena sekali anda menjawab hal demikian maka penguji tadi sudah bisa memberi penilaian terhadap kemampuan anda dan bahkan bisa jadi sudah bisa memutuskan hasil nya, dalam arti bahwa anda tidak layak diterima kerja, dan juga sudah pasti untuk selanjutnya tidak akan ada lagi panggilan untuk proses melamar kerja pada tahap berikutnya seperti, nego gaji per bulan dan sebagainya, karena anda sudah dianggap gugur.

Baca juga  Cara mengahadapi test psikotes menggambar pohon,rumah dan orang

Kami kira ini adalah poin yang sangat penting soal cara agar mudah diterima interview karena sekarang ini hampir seluruh dunia kerja mensyaratkan kemampuan menggunakan berbagai program dalam komputer. Caranya adalah cukup dengan mengatakan ‘bisa’ dan urusan selanjutnya adalah tinggal Anda belajar dari buku, apalagi hanya belajar program seperti photoshop dan power point hanya membutuhkan waku satu sampai dua minggu saja untuk bisa dan paham untuk menggunakannya.

3. Jawablah Sesuai Pertanyaan yang Diberikan

Untuk masalah ini sebenarnya orang yang menjawab terlalu lama akan mendapatkan penilaian yang buruk dari penguji. Manager atau HRD yang biasanya ketemu calon karyawan baru yang memberikan pernyataan jawaban yang sangat lama maka dapat di ambil kesimpulan sebagai orang yang tidak tegas dalam pekerjaan. Untuk itu, sebaiknya anda menjawab dengan seadanya kalau memang anda mau lulus interview dengan mudah dan bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

Sebagai contoh jika seandainya pertanyaan yang hanya memilih jawaban ya atau tidak yang diminta maka anda jawab saja seperti itu, tidak usah menjawab panjang lebar yang membuat anda menjadi sulit sendiri. Kecuali jika memang diminta secara langsung oleh HRD-nya, maka barulah anda jawab dengan lengkap dan detail. Misalnya, apakah anda pernah bekerja di tempat lain? Maka jawab saja iya jika memang benar demikian, dan baru ditambah penjelasan.

4. Berikan Contoh Alasan yang Sifatnya Positif.

Hal ini juga penting sekali dilakukan, jika anda memang baru resign dari perusahaan lain maka sebisa mungkin memberikan alasan yang tidak membuat penilaian yang negatif dari penguji, contohnya keluar kerja karena dengan alasan pindah tempat tinggal dan jauh jadi harus keluar, karena perusahaan sebelumnya tutup, yang penting tidak menimbulkan penilaian negatif pada kepribadian anda.

Baca juga  LOWONGAN KERJA PT.TOYOSEAL INDONESIA

Adapun contoh jawaban yang tidak baik, misalnya keluar kerja karena sudah malas bekerja di tempat yang lama, karena melakukan kesalahan yang tidak dapat diterima sehingga anda dikeluarkan secara tidak hormat. Untuk itu biar anda tidak kaget dan bisa mempersiapkan diri sebelum wawancara kerja, maka ada baiknya  persiapkan apa saja contoh pertanyaan interview kerja beserta jawabannya.

5. Apa Motivasi Anda Bekerja?

Kalau anda ditanya soal motivasi kerja maka berikan jawaban yang sesuai dengan bidang yang anda lamar, misalnya saja melamar jadi guru di suatu sekolah, maka bilang saja kalau cita-cita anda menjadi seorang guru dan senang dengan pekerjaan tersebut. Jangan memberikan contoh yang tidak baik, sebagai contoh anda terpaksa melamar diperusahan ini, contoh tersebut malah yang membuat anda dinilai sebagai calon karyawan yang buruk. Maka beri saja alasan saat anda interview bahwa saya senang bekerja di tempat ini.

6. Nego Gaji Berikan Jawaban yang Normatif

Normatif adalah bahwa jawaban yang anda berikan secara lebih sepesifik. Jadi contohnya ditanya seperti berapa gaji yang anda inginkan? maka anda cukup bilang sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah saja! Tidak usah berikan jawaban yang telalu panjang.

Atau misalnya sudah punya pengalaman bekerja sebelumnya maka cukup katakan dengan contoh mungkin bisa lebih tinggi dari UMR karena sebelumnya sudah pernah bekerja di bidang yang sama dan sudah berpengalaman mengenai bidang tersebut.

Sumber: http://www.jasabuatsurat.com/tips-interview-kerja-pertanyaan-wawancara/

Semoga bermanfaat dan salam sukses

Baca Lainya

Baca juga  Cara membersihkan AC rumah dengan mudah
Previous
Next

Tinggalkan Balasan