Skip to Content

Ciri ciri dan gejala busi mobil bermasalah dan mengatasinya|

Ciri ciri dan gejala busi mobil bermasalah dan mengatasinya|

Be First!
by September 22, 2017 Uncategorized

Ciri ciri dan gejala busi mobil bermasalah dan mengatasinya|Yoncare.com

Busi mobil mempunyai peran yang sangat penting untuk kendaraan kita, busi adalah salah satu sumber pengapian mobil kita. Salah satu cara untuk mendiagnosis kondisi mesin mobil kita dalam keadaan sehat atau tidak adalah dengan melihat kepala busi termasuk Salah satu cara untuk mengetahui busi asli atau palsu juga bisa dilihat dari kepala busi.

Kondisi busi bisa kita Cek:

– KEPALA BUSI penuh dengan oli
Menandakan Ring seher/Ring piston dan Seal klep mesin mobil kita bocor/rusak sehingga pada tekanan Kompresi mesin mobil menjadi tidak stabil.
– KEPALA BUSI terlalu renggang atau terlalu rapat
– KEPALA BUSI bengkok atau patah

Untuk mengetahui Kondisi mesin mobil dapat di lihat dari Warna Kepala Busi mobil :

– Warna Busi berwarna Coklat : Pada elektroda coklat agak keabu-abuan menandakan busi bekerja normal, tetapi mendekati batas usia pemakaian Sebaiknya ganti baru.
– Warna Busi berwarna Kekuning-kuningan :
Mesin mengalami overheat atau panas berlebih, sehingga suhu mesin dan tekanan pada mesin naik secara drastis. Cek peranti pendingin mesin radiator dan kipas radiator apakah bekerja normal atau tidak .
– Warna Busi berwarna Usang :
Bila busi berwarna usang dengan sedikit timbunan kerak pada elektroda. Busi telah apkir dan perlu diganti dengan yang baru.
– Warna Busi berwarna Kemerahan :
Biasanya Lapisan elektroda terkelupas dengan warna kemerahan, tapi tidak ada kerak. Mesin mengalami ovberheat atau panas berlebih, periksa kode heat range dan peranti pendingin mesin.
– Warna Busi berwarna Gosong : Terdapat timbunan kerak dan elektrodanya berwarna gosong. Artinya, setelan bahan bakar tidak benar. periksa suplai bahan bakar atau bensin dan peranti kelistrikan lainnya.
– Warna Busi berwarna Meleleh : Elektroda meleleh dan terlihat gosong, akibat busi dengan heat range yang salah. Terjadi kebocoran pada komponen mesin yang menyebabkan pelumas turut terbakar di ruang mesin.
– Warna Busi berwarna Kerak tebal:
Timbunan kerak yang tebal pada elektroda dan kepala busi disebabkan dari pemakaian bahan bakar yang jelek Terjadi kebocoran pada sil di klep yang membuat pelumas merembes hingga ke busi.
– Warna Busi berwarna Basah :

Baca juga  Contoh cara membuat surat undangan resmi

Terdapat sisa pelumas pada elektroda dan kepala busi, mesin mengnalami detonasi atau ngelitik. Caranya Cek timing pengapian atau gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin.
– Kepala busi Bengkok : Elektroda menempel pada kepala busi dikarenakan permukaan piston menghantam busi.cek mesin.

Semoga bermanfaat dan tetap utamakan keselamatan dalam berkendara

Previous
Next

Tinggalkan Balasan